Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Kuliah Mekanika Teknik I

Posted: August 18, 2011 in Skripsi Pendidikan

ABSTRAK

 

LIA FEDELIA. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Mata Kuliah Mekanika Teknik I (Studi Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta). Skripsi.Jakarta: Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas NegeriJakarta, 2010.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas belajar dan hasil belajar Mekanika Teknik I pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta.

Tempat penelitian dilakukan di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT UNJ, pada semester genap bulan Juli 2010. Metode penelitian adalah survey dengan pendekatan korelasional. Sampel sebanyak 40 mahasiswa. Data motivasi belajar mahasiswa diperoleh melalui kuesioner dengan skala Likert. Hasil uji coba 26 butir pernyataan diperoleh valid dan reliabel.

Pengujian hipotesis didapat rhitung = 0,581 dibandingkan dengan rtabel taraf kesalahan 5% dan n=40 diperoleh rtabel = 0,403. Sehingga rhitung > rtabel atau 0,581 > 0,403, Ho ditolak. Hasil penelitian adalah terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Mekanika Teknik I.

Kesimpulan adalah semakin tinggi kualitas belajar mahasiswa maka semakin tinggi pula hasil belajarnya. Peningkatan motivasi yang tinggi didukung oleh indikator-indikator: kebutuhan, hasrat untuk berhasil, tujuan belajar, pengajar, imbalan dan persaingan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s