>Pengaruh Penggunaan Pozzolan Alam Banjarnegara Sebagai Pengganti Sebagian Semen Komposit Terhadap Kuat Geser Mortar Untuk Dinding Pasangan Bata Merah Pejal

Posted: February 18, 2011 in Uncategorized

>

ABSTRAK

TEGUH KRYSTIAN HAREFA. Pengaruh Penggunaan Pozzolan Alam Banjarnegara Sebagai Pengganti Sebagian Semen Komposit Terhadap Kuat Geser Mortar Untuk Dinding Pasangan Bata Merah Pejal.

Skripsi UNJ. Jakarta : Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2009.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan pozzolan alam Banjarnegara dalam campuran mortar dengan persentase 0%, 10%, 15%, 20%, 25% dan 30% dari berat semen komposit, perbandingan campuran yang digunakan 1 semen : 5 pasir. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui nilai kuat geser mortar optimum dari beberapa persentase pozzolan tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan 6 perlakuan. Sampel berjumlah 10 buah pada tiap-tiap perlakuan, total sampel berjumlah 60 buah. Dari hasil penelitian kuat geser rata-rata untuk persentase pozzolan sebesar 0%, 10%, 15%, 20%, 25% dan 30% didapatkan kuat geser sebesar 0,135 MPa, 0,140 MPa, 0,160 MPa, 0,178 MPa, 0,144 MPa dan 0,132 MPa.

Data yang diperoleh dari uji kenormalan, homogenitas dan analisis varians satu arah, didapat Fhitung ≥ Ftabel sehingga Ho ditolak. jadi terdapat pengaruh signifikan terhadap kuat geser mortar dengan penambahan pozzolan Banjarnegara sebesar 0%, 10%, 15%, 20%, 25%, dan 30%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh signifikan terhadap kuat geser mortar dengan penambahan pozzolan alam banjarnegara sebesar 10%, 15%, 20%, 25%, dan 30%. 2) pozzolan alam Banjarnegara dapat digunakan sebagai bahan pengganti sebagian semen komposit dalam campuran mortar untuk dinding pasangan bata merah dan untuk mendapatkan kuat geser mortar optimum sebesar 0,178 MPa adalah dengan menambahkan Pozzolan alam Banjarnegara sebesar 20% dari berat semen komposit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s