Pilih batu bata atau batako

Posted: June 9, 2011 in referensi

Posted by Alamanda on June 20, 2009 4 Comments

batu-bata-atau-batakoBilamana anda akan membangun rumah, tentunya akan terlintas pikiran pakai batu bata atau batako ya?
Untuk menjawab pertanyaan itu maka baiknya kita lakukan perbandingan kelebihan dan kekurangan dari masing masing material tersebut:

  • Seperti kita ketahui, bata merah lebih kuat dibandingkan batako. Mengapa? karena dimensi batako lebih besar daripada bata merah dan disamping itu batako mempunyai rongga, terkecuali bila rongga tersebut diisi semen atau batako press.
  • Bata merah memiliki sifat menahan panas yang lebih bagus dibandingkan batako sehingga bangunan dengan bata merah tidak sepanas batako.
  • Bata merah lebih mahal atau lebih memakan biaya baik dari sisi material maupun dari waktu pasang.
  • Bila tidak diplester maka batako memberikan visual dinding yang lebih rapi dibanding bata merah. Tetapi bila memang sengaja tidak diplester untuk memberikan kesan seni, bata merah bisa memberikan hasil yang lebih artistik natural karena warna merah tanahnya.
  • Didalam opini masyarakat terdapat pendapat bahwa batako adalah bahan bangunan kelas dua sehingga membuat nilai jual kembali rumah yang dibangun dengan bahan batako menjadi lebih rendah.

Apa kesimpulannya? Terserah anda sebagai pemilik rumah, apakah akan membangun memakai batu bata ataukah batako.

4 Responses to “Pilih batu bata atau batako”

  1. Saya sebelumnya berfikir, jika nanti mau membangun rumah lagi, akan menggunakan “batako” sebagai pilihan utama dibanding bata merah. Karena lebih murah.

    Tapi setelah membaca artikel ini, saya lebih cenderung memakai bata merah, karena ternyata dapat menahan panas dari luar lebih baik.

    Selain itu, kalau batako tidak kita buat sendiri (tukang sendiri), misalnya kita beli langsung di tempat penjual batako, kualitasnya sulit kita prediksi, kadang pencampuran semen dan pasirnya perbandingannya terlalu jauh. Biasnaya kalau kering, di pegang dengan tangan saja mudah hancur.

  2. roby galang October 6, 2009

    menurut saya.. keuntungan memakai batako itu :
    1. tdk seperti bata yg ukurannya kecil.. jd akan sangat bnyk membutuhkan tumpukan..dan otomatis akan mengeluarkan biaya bnyk
    2. untuk hasil dan kualitas kekuatan, tergantung ke ahlian si pembuat nya..
    3. batako mempunyai ukuran lebih besar..
    4. harganya pun relatif murah..
    5. batako pun dapat menahan panas lebih baik.. tergantung cara pembuatannya..

  3. memang bagaimanapun resep sesuatu adalah tergantung dari proses pembuatan hingga dihasilkan produk yang diinginkan.

    tapi secara material, bila kita lihat bahan baku antara batako dan bata, maka bata adalah lebih bisa menahan panas, karena dia material dasarnya adalah tanah.

http://www.citraindahrumahku.com/pilih-batu-bata-atau-batako/

Comments
  1. anjar says:

    penjelasan yg di uraikan di atas sama sekali tidak memberikan solusi..kenapa terserah pembaca..mau pilih batako atau batubata..kalau pilihannya dikembalikan lg ke pembaca.. KENAPA MENULIS INI..!! Huh..capek..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s