Strategi Lulus Tepat Waktu

Posted: July 7, 2011 in 02 Kuliah

Kebanyakan mahasiswa baru memikirkan strategi untuk lulus tepat waktu pada saat penulisan proposal skripsi. Sebetulnya itu sudah agak terlambat. Strategi dibuat sejak awal semester 2. Sebab semester 1, matakuliah diberikan secara paket dan tidak bisa memilih.

Ada beberapa strategi yang bisa membantu untuk mewujudkan lulus dalam  8 semester untuk program studi S1 :

  1. Perhatikan matakuliah prerequesit – matakuliah yang berurutan – mata kuliah yang mempunyai prasyarat. Keliru dalam memilih mata kuliah prasyarat, akan berakibat panjang. Di sinilah perlunya berkonsultasi dengan Pembimbing Akademik.
  2. PPL s/d sekarang masih diblok, artinya, hanya bisa diambil bersamaan dengan matakuliah non-tatap muka, seperti PKL, Skripsi, kpmprehensif. Pandai2lah mensiasati pengambilan mata kuliah.
  3. Pemilihan mana yang dilakukan lebih dulu, PPL atau PKL, itu pilihan masing2. Idealnya, PKL dilakukan pada saat libur semester (dan TIDAK MENGAMBIL SP), agar pengamatan lapangan bisa fokus.
  4. Jika PKL dilakukan sebelum PPL, maka, sebelum PPL berjalan, sudah memiliki topik yang akan diteliti sebagai proposal skripsi. Lebih baik lagi, jika sebelum PPL, sudah seminar proposal skripsi. Sebab, pada saat PPL selama 5-6 bulan , waktu sepenuhnya akan tersita untuk SMK tempat PPL.
  5. Jika PKL dilakukan setelah PPL, maka, sebelum berangkat PKL, sudah punya topik yang akan diteliti sebagai proposal skripsi. Syukur2 data penelitiannya bisa diperoleh di proyek tempat PKL. Selesai PKL bisa dilanjutkan dengan skripsi.
  6. Untuk mahasiswa yang diberi kepandaian lebih dan keberuntungan sehingga ada kesempatan untuk memperbaiki nilai matakuliah yang sudah lulus, pandai2lah melihat situasi. Buat skala prioritas dalam skala probabilitas. Maksudnya, jika terlalu sulit meningkatkan nilai untuk matakuliah tertentu, lebih baik fokus pada skripsi.

Strategi ini hanya secara umum. Yang paling penting adalah tetap semangat dan membuka komunikasi dengan siapapun. Karena pengetahuan bisa datang dari siapa saja.

 

Comments
  1. agphin says:

    terimakasih atas masukannya bu…saya sudah mendapat pencerahan.

  2. nurul1530 says:

    terimakasih bu tipsnya .semoga dapat menjadi arahan bagi saya dan yang lain…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s