Pengaruh Penambahan Waktu Pengadukan Terhadap Nilai Slump dan Kuat Tekan Beton

Posted: August 18, 2011 in Skripsi Struktur

(”Studi perilaku beton rancangan campuran mutu fc’22,5 Mpa yang mengalami penambahan waktu pengadukan”)

FAJAR SETIO HADI*

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan waktu pengadukan dengan variasi pengadukan standar, +10 menit, +20 menit +30 menit +40 menit +50 menit, +60 menit, + 70menit, +80menit, dan +90menit terhadap nilai slump dan kuat tekan beton.

Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium Uji Bahan PT Jaya Readymix Jakarta pada bulan Mei-September 2008 dengan metode eksperimen sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Penelitian ini menggunakan beton dengan rancangan campuran mutu fc’22,5 MPa. 

Berdasarkan hasil analisa rata-rata hitung, diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penambahan waktu pengadukan terhadap kuat tekan beton. Rata-rata kuat tekan tertinggi terdapat pada beton dengan pengadukan standar yaitu 32,08 MPa, sedangkan nilai terendah terdapat pada beton dengan penambahan waktu pengadukan selama 80 menit yaitu 23,05 MPa.

Rata-rata kuat tekan beton cenderung menurun seiring dengan penambahan waktu pengadukan, ini menunjukan bahwa semakin lama beton mengalami pengadukan semakin rendah kuat tekannya. Adapun rata-rata penurunan kuat tekan sebesar 14,26% per 10 menit, dan menghasilkan persamaan  dengan “y” adalah kuat tekan dan “x” adalah penambahan waktu pengadukan per-10 menit 

Berdasarkan hasil pengujian nilai slump, didapatkan bahwa nilai slump  memiliki kecenderungan negatif. Adapun rata-rata penurunan nilai slumpnya adalah 1,28 cm per-10 menit, persamaan antara penambahan waktu pengadukan dengan nilai slump adalah  dengan “y” adalah nilai slump dan “x” adalah penambahan waktu pengadukan per-10 menit.

 

Kata kunci : Waktu pengadukan, Slump dan Kuat tekan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s