Pengaruh Penggunaan Abu Ketel Sebagai Pengganti Sebagian Semen terhadap Kuat Tekan Bata Beton

Posted: August 18, 2011 in Skripsi Struktur

ABSTRAK

 

TRIYAH KENCANA Pengaruh Penggunaan Abu Ketel Sebagai Pengganti Sebagian Semen Terhadap Kuat Tekan Bata Beton. Skripsi. Jakarta : Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, Juni 2007.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan abu ketel sebagai pengganti sebagian semen dengan persentase 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20% terhadap kuat tekan bata beton. Tempat kegiatan penelitian dilakukan di  Laboratorium Uji Bahan Teknik Sipil Universitas Negeri Jakarta untuk pengujian pasir, pabrik pembuatan bata beton di PT. Pondok Buruh Konstruksi sedangkan pengujian kuat tekan dilaksanakan di Laboratorium Balai Pengujian dan Peralatan Kanwil Departemen Pekerjaan Umum DKI Jakarta. Waktu penelitian dilaksanakan dari bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2007.

Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan 5 jenis perlakuan yaitu bata beton dengan persentase 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20%  abu ketel, Jumlah benda uji seluruhnya 75 buah dari 5 perlakuan masing-masing kelompok perlakuan ada 15 buah dengan perincian 5 buah untuk pengujian kuat tekan dan 5 buah untuk pengujian penyerapan air.

Dari hasil penelitian didapat bahwa nilai optimum terdapat pada bata beton dengan 15% abu ketel memiliki kuat tekan rata-rata 41,51 kg/cm2 termasuk tingkat mutu III Standar Nasional Indonesia, dengan daya serap rata-rata 17,10%, sedangkan bata beton tanpa abu ketel memiliki kuat tekan rata-rata 50,55 kg/cm2 termasuk tingkat mutu II Standar Nasional Indonesia dengan daya serap air 12,02%.

Data hasil penelitian digunakan uji statistik dengan uji t rata-rata uji satu pihak dengan α = 0,01 kemudian dari analisa didapat  tHitung = 4,80 nilai tersebut lebih besar dari t tabel  = 3,75 sehingga Ho berada didaerah penolakan. Jadi nilai kuat tekan optimum bata beton yang menggunakan abu ketel lebih besar dari nilai kuat tekan Standar Nasional Indonesia mutu kelas III.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s