Penggunaan Alat Sipat Datar Pada Pembelajaran Ilmu Ukur Tanah di Sekolah Menengah Kejuruan

Posted: August 18, 2011 in Skripsi Pendidikan

ABSTRAK

MAHYUDIN. Penggunaan Alat Sipat Datar Pada Pembelajaran Ilmu Ukur Tanah Di Sekolah Menengah Kejuruan. Komprehensif. Jakarta : Jurusan Teknik Sipil,  Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta,  Desember 2009.

 

Penulisan makalah komprehensif ini dapat bermanfaat khususnya bagi siswa SMK jurusan Teknik Survei dan Pemetaan dan mahasiswa yang mengambil jurusan teknik bangunan, dalam pembelajaran ilmu ukur tanah baik secara teori maupun praktik.

 

Ilmu Ukur Tanah adalah sebagian dari ilmu yang lebih luas, yang dinamai ilmu geodesi. Ilmu ukur tanah pada dasarnya terdiri dari tiga bagian besar yaitu : (1) Pengukuran Kerangka Dasar Vertikal (KDV), (2) Pengukuran Kerangka Dasar Horizontal (KDH), (3) Pengukuran Titik-titik Detail. Pada penulisan makalah ini hanya dibatasi pada Pengukuran Kerangka Dasar Vertikal (KDV). Kerangka dasar vertikal merupakan teknik dan cara pengukuran kumpulan titik-titik yang telah diketahui atau ditentukan posisi vertikalnya berupa ketinggiannya terhadap bidang rujukan ketinggian tertentu. Ada tiga metode yang digunakan untuk pengukuran kerangka dasar vertikal ini, yaitu: (1)        Metode sipat datar, (2) Metode Pengukuran Trigonomtris, (3) Metode Pengukuran Barometris. Alat-alat yang biasa digunakan dalam pengukuran kerangka dasar vertikal metode sipat datar optis adalah alat sipat datar sebagai alat ukur yang utama; pita ukur, rambu ukur, statif, unting-unting, dan sebagainya yang berperan sebagai alat bantu dalam pengukuran. Dalam pengukuran kerangka dasar vertikal diantara ketiga metode tersebut di atas, yang dibahas adalah pengukuran dengan metode sipat datar. Metode sipat datar merupakan metode yang paling teliti dibandingkan dengan metode trigonometris dan barometris, selain itu hanya metode sipat datar dan juga karena alat yang digunakan yang sesuai dengan kurikulum pembelajaran di SMK.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s