Studi Perbandingan Volume Kebutuhan Beton dan Besi Tulangan antara Plat Lantai yang Ditumpu Oleh Balok terhadap Plat Lantai Tipe Flat Plate

Posted: August 18, 2011 in Skripsi MK

ABSTRAK

 

 

FADLI FAUZAN, Studi Perbandingan Volume Kebutuhan Beton dan Besi Tulangan antara Plat Lantai yang Ditumpu Oleh Balok terhadap Plat Lantai Tipe Flat Plate  (Studi Kasus Pada Pembangunan Gedung Kantor di Daerah Daan Mogot, Jakarta Barat). Skripsi S1 Pendidikan Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, Juni 2008.

Penelitian ini dilakukan mulai  dari bulan Mei 2009 sampai Agustus 2009.

Penelitian dilakuakan dengan mengikuti Pedoman Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung SNI-03-2847-2002, Pedoman Perencanaan Pembebanan Untuk Rumah dan Gedung SNI 2002 yang diterbitkan oleh Departemen Pekerjaan Umum.

Mutu beton untuk seluruh bangunan adalah K350 dan mutu baja yang digunakan ialah fy = 390 Mpa. Taha pertama adalah pengambilan data umum proyek di pembangunan gedung kantor di daerah Jakarta Barat. Dilanjutkan dengan perhitungan plat lantai tipe flat plate hingga perencanaan kolom, perhitungan volume beton dan besi tulangan pada flat plate, perhitungan volume beton dan besi tulangan pada plat lantai yang ditumpu oleh balok dan perbandingan volume beton dan besi tulangan antara plat lantai yang ditumpu oleh balok terhadap plat lantai tipe flat plate. Untuk perhitungan gaya-gaya dilakukan dengan komputer menggunakan program analisis struktur berdasarkan atas ketentuan yang berlaku.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, total beton yang digunakan pada plat yang ditumpu balok sebesar 125,49 m3 dan total tulangan yang dibutuhkan sebesar 32185,52 kg. Sedangkan pada plat lantai tipe flat plate total beton yang digunakan sebesar 113,26 m3 dan total tulangan yang dibutuhkan  sebesar 18705,12 kg. Secara matematis, plat lantai yang ditumpu oleh balok membutuhkan material beton 111 % dari plat lantai tipe “flat plate” dan plat lantai yang ditumpu oleh balok membutuhkan material tulangan 172 % dari plat lantai tipe “flat plate”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s