ZULIKA RAHMAN. Perbandingan Volume Kebutuhan Matrial Baja Pada Struktur Rangka Kuda-Kuda Bentuk Pratt Girder dan Pratt Scissors

Posted: August 18, 2011 in Skripsi MK

ZULIKA RAHMAN. Perbandingan Volume Kebutuhan Matrial Baja Pada Struktur Rangka Kuda-Kuda Bentuk Pratt Girder dan Pratt Scissors, Jakarta: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, September 2009.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kebutuhan material baja pada kuda-kuda bentuk Pratt Girder dan Pratt Scissors sehingga dapat diketahui jumlah penggunaan kebutuhan material baja yang terkecil. Tempat melakukan penelitian ini yaitu di kampus Universitas Negeri Jakarta, Rawa Mangun, Jakarta Timur pada bulan Juli – September 2009. Penelitian ini akan membandingkan enam buah bentuk kuda-kuda yakni bentuk Pratt Girder dan Pratt Scissors dengan sudut θ adalah 2°, 4°, 6°, 8° dan 10° pada  bentang 15 m, 18 m dan 21 m.

Perhitungan gaya batang pada kuda-kuda dilakukan dengan mengunakan program SAP 2000 yang didasarkan oleh beban mati, beban hidup, dan beban angin yang bekerja pada struktur kuda-kuda sesuai dengan SNI 03-1727-1989 tentang Tata Cara Perencanaan Pembebanan Untuk Rumah dan Gedung. Data perhitungan gaya batang yang didapat, selanjutnya ditentukan jenis profil baja yang sesuai dengan besarnya gaya dan jenis batang yang bekerja yaitu batang tarik dan tekan. Perhitungan dimensi profil pada batang kuda-kuda dilakukan sesuai dengan SNI 03-1729-2002 tentang Tata Cara Perencanaan Struktur Baja Untuk Bangunan Gedung.

Berat permeter profil disetiap batang kemudian dikalikan dengan panjangnya sehingga diketahui volume material baja yang diperlukan dalam satuan kilogram (kg). Volume seluruh batang kemudian dijumlahkan dan hasilnya akan dibandingkan dengan bentuk kuda-kuda yang lainnya. Perbandingan dilakukan untuk mendapatkan bentuk kuda-kuda yang paling sedikit menggunakan bahan material baja.

Kesimpulan penelitian ini adalah pada bentang 15 m kuda-kuda bentuk Pratt Scissors dengan θ = 10° memiliki jumlah kebutuhan material baja terkecil yaitu sebesar 247,77 kg. Sedangkan kuda-kuda bentuk Pratt Girder memiliki jumlah kebutuhan material paling besar di bentang ini yaitu dengan nilai 270,50 kg.

Pada bentang 18 m, kuda-kuda bentuk Pratt Scissors dengan θ = 6° memiliki jumlah kebutuhan material baja paling sedikit yaitu 352,80 kg. Untuk kuda-kuda yang paling banyak dalam penggunaan material baja pada bentang ini adalah bentuk Pratt Girder yaitu sebesar 409,92 kg.

Sedangkan bentang 21 m, kuda-kuda bentuk Pratt Scissors dengan θ = 10° memiliki jumlah kebutuhan material baja paling sedikit yaitu 472,70 kg. Dan bentuk kuda-kuda yang paling banyak menggunakan material baja pada bentang tersebut adalah Pratt Girder yaitu sebesar 600,41 kg.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s