qurban

Posted: November 10, 2011 in motivation

Bagi orang yang menunaikan qurban, secara kasat mata yang dilakukan adalah memotong hewan qurban, namun dibalik pemotongan hewan tersebut terkandung hikmah yang cukup baik nilainya untuk menjadi pelajaran bagi kita.

Hewan adalah salah satu makhluk ALLAH yang mempunyai nafsu namun tidak diberikan akal,
binatang hewan tidak mempunyai malu, sehingga apapun yang diperbuatnya baik dihadapan sesama hewan maupun dihadapan manusia, mereka tidak terhalang dengan rasa malu.
Mereka bisa berbuat apa saja yang dikehendakinya,
tidak pernah merasa bersalah kalau hewan itu masuk kekebun yang bukan milik tuannya,
mereka tidak pernah merasa malu untuk melakukan cumbu rayu dengan lawan jenisnya bahkan untuk melakukan hubungan sesxual sekalipun.

Dengan pemotongan hewan qurban, sejatinya dimaknai kita berupaya melakukan pemotongan sifat kebinatangan yang mungkin ada dalam jiwa manusia.
Dengan berqurban kita akan lebih jeli lagi melihat batas batas hak kita dan hak orang, kita akan mempertinggi rasa malu untuk berbuat yang menyalahi norma norma agama, sebagaimana yang sering kita lihat saat ini, dimana mana dengan mudah kita dapat melihat orang sudah tidak lagi mempunyai rasa malu, bahkan melebihi dari sifat sifat kebinatangan.
Padahal kita manusia diciptakan ALLAH sebagai makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lain ciptaan Tuhan, tetapi apabila kita tidak lagi berakhlak dan berbudi, maka ALLAH tidak malu malunya untuk mengembalikan kita ketempat yang serendah rendahnya.

kita manusia adalah makhluk yang paling sempurna, kita diberikan nafsu, kemudian diberikan akal untuk dapat mengontrol nafsu kebinatangan tersebut , apabila akal yang diberikan tidak dimanfaatkan, maka jadilah kita lebih rendah dari hewan qurban yang kita sembelih
Semoga kita terhindar dari sifat-sifat sedemikian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s