Hanya Garap 10%, BUMN Konstruksi Kalah oleh Kontraktor Asing

Posted: December 24, 2011 in Berita Konstruksi

Ilustrasi Foto: Whery/detikFinance
Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyayangkan para perusahaan plat merah di bidang konstruksi hanya menggarap 10% proyek konstruksi nasional saja. Angka ini dinilai cukup memprihatinkan karena kalah dengan pemain asing.

“Ternyata BUMN itu baru mengerjakan 10% proyek nasional. Saya pikir raksasa BUMN, swasta yang (jumlahnya) sekian ribu 20%, sisanya asing. Cukup memprihatinkan kita,” katanya di kantor PT Adhi Karya Tbk (ADHI), Pasar Minggu, Jakarta, Senin (21/11/2011).

Dahlan menyatakan, hal ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Para BUMN karya harus mampu meningkatkan kemampuan dan merebut porsi proyeknya menjadi lebih besar. Perebutan ini tidak harus membunuh perusahaan swasta lokal, akan tetapi targetnya para perusahaan-perusahaan asing.

“BUMN harus meningkatkan kemampuan merebut kue nasional, bukan merebut swasta nasional yang 20%, tetapi merebut porsi asing. kita akan diskusi 2 minggu lagi, (dengan) 7 kontraktor BUMN,” ujarnya.

Dalam pertemuannya itu nanti, Dahlan bersama BUMN karya akan mencari celah proyek-proyek mana saja yang bisa diambilalih dari perusahaan asing. Setelah itu, mereka akan merumuskan cara untuk masuk ke proyek-proyek tersebut.

“Itu akan kita invetarisasi mana-mana saja sebetulnya proyek asing yang bisa kita kerjakan. Rumuskan bagaimana menyiapkan diri untuk bisa merebut itu,” pungkasnya.

(ang/hen)

Senin, 21/11/2011 10:57 WIB
Winda Veronica Silalahi – detikFinance
http://finance.detik.com/read/2011/11/21/104815/1771729/4/hanya-garap-10-bumn-konstruksi-kalah-oleh-kontraktor-asing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s