PEDOMAN PELAKSANAAN ANALISIS KEBUTUHAN PELATIHAN (TRAINING NEED ANALYSIS)

Posted: May 23, 2012 in referensi MSDM

A.    Latar Belakang

Pengembangan pelatihan diperlukan langkah-langkah penyusunan yang harus ditempuh oleh seorang penyusun program pelatihan. Salah satu yang harus ditempuh diantara langkah tersebut adalah melakukan training need analysis ( TNA)

Pelaksanaan analisis kebutuhan pelatihan (TNA), tidak hanya terbatas kepada penyusunan program pelatihan berbasis kompetensi saja, tetapi juga untuk menyusun program latihan yang bersifat pesanan (Trainer made) maupun program pelatihan yang berorientasi kepada pemenuhan keterampilan untuk jabatan-jabatan tertentu di perusahaan.

Dalam praktek pelaksanaan program pelatihan, masih banyak ditemui program pelatihan yang disusun tidak berdasarkan TNA, sehingga hasil pelatihannya seringkali tidak memenuhi kebutuhan pasar kerja.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka pelaksanaan TNA, merupakan hal yang sangat penting/strategis dalam penyusunan program pelatihan baik pelatihan yang berbasis kompetensi maupun pelatihan untuk memenuhi kebutuhan tertentu.

Oleh karena itu, dipandang perlu untuk disusun pedoman TNA yang dirancang seminimal mungkin untuk menjadi pedoman oleh pihak-pihak terkait dalam Melaksanakan TNA.

langkah pertama dalam pelatian adalah menetapkan latihan apa …

tdc-nakertransdukjatim.com/index.php?option…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s